You are here
Home > Articles > 5 Jenis Tulisan Kaligrafi Indah untuk Dekorasi Ruangan

5 Jenis Tulisan Kaligrafi Indah untuk Dekorasi Ruangan

Dekorasi Kaligrafi

Untuk para umat Islam di Indonesia, kaligrafi dianggap penting karena menandai penyebaran agama Islam di Nusantara. Pada abad ke-11, tulisan kaligrafi Arab mulai muncul di batu nisan di makam-makam, yang selanjutnya menjadi populer dan beredar di mata uang logam, stempel, dan materi pelajaran.

Nggak hanya sebagai seni rupa, kaligrafi juga digunakan oleh para pemuka agama untuk menceritakan kisah-kisah agama, dewa-dewa, ataupun saduran ayat. Oleh karena itu, seni menulis yang satu ini sangat dihargai. Yuk kenalan dengan berbagai tulisan kaligrafi yang ada!

Kaligrafi Islam

kaligrafi islam

Kaligrafi Islam atau biasa dikenal juga dengan kaligrafi Arab berkembang cukup pesat di negara-negara yang memiliki warisan budaya Islam. Dibandingkan membuat seni yang berbentuk patung atau gambar figuratif lainnya, kaligrafi lebih disukai oleh umat Muslim karena dapat mencegah mereka untuk melakukan penyembahan berhala. Pada jenis ini, kaligrafi Arab, Persia, dan Turki memiliki bentuk yang hampir sama karena menggunakan motif arabesque abstrak yang bisa ditemukan di langit-langit mesjid maupun di dalam buku. Di zaman modern ini, kamu bisa menemukan banyak tulisan kaligrafi Allah dan saduran ayat Al-Quran yang cocok dijadikan hiasan rumah menjelang Idul Fitri nanti.

Kaligrafi Cina

Kalau biasanya kaligrafi Islam sering diaplikasikan pada pahatan kayu, beda halnya dengan kaligrafi Cina yang malah dituliskan di atas kertas. Seni tulis yang satu ini mengutamakan keahlian tangan dengan menggunakan kuas atau pena. Di Cina sendiri, seni kaligrafi sudah mulai diajarkan sejak dini sehingga anak-anak udah terbiasa dan luwes untuk menggerakkan pergelangan tangannya untuk mengukir kaligrafi. Kalau sekarang ahli kaligrafi lebih mudah dalam menuliskan karakter-karakter huruf, pada zaman kuno para ahli harus membuat seni ini di atas tulang-tulang hewan. Namun, seiring perkembangan zaman, mereka mengubahnya menjadi kertas.

Kaligrafi Jepang

Kaligrafi Jepang atau biasa disebut “shodou” memang memiliki bentuk yang hampir mirip dengan karakter Cina, cuma bedanya, kanji Jepang terlihat lebih mudah diikuti karena garis-garis yang nggak sebanyak karakter Cina. Beda dengan kaligrafi Islam, Shodou adalah hiasan dinding kaligrafi yang berisikan kata-kata mutiara. Sebelum menulis, setiap orang harus mempersiapkan kuas, tinta, alat tulis, dan washi, kertas yang terbuat dari serat tumbuhan. Salah satu aturan dalam menulis kaligrafi Jepang untuk membuat hasil yang sempurna adalah saat lengan kanan dilarang menyentuh meja selama proses pembuatan untuk memudahkan setiap orang menggerakkan tangannya.

Kaligrafi Latin

Tulisan kaligrafi Latin pertama kali digunakan oleh bangsa Romawi, yang akhirnya menjadi aksara yang paling banyak dipakai untuk menuliskan berbagai bahasa. Bahkan, bahasa mereka sudah diadopsi oleh beberapa negara. Kalau kebanyakan kaligrafi biasanya terlihat rumit, kaligrafi Latin ini hanya berupa simbol-simbol yang biasanya sering ditemuin di font komputer, seperti Roman, Ghotic, dan Italic. Pena yang digunakan pun sedikit berbeda, yaitu yang ujungnya berpelatuk datar.

Kaligrafi Thailand

Sekilas, kaligrafi Thailand ini aksaranya memang seperti huruf Sansekerta karena bahasa ini merupakan bahasa liturgis dalam agama Hindu dan Buddha, seperti yang udah diketahui bahwa mayoritas penduduk Thailand adalah pemeluk agama Buddha. Salah satu kaligrafi di wilayah utara Thailand ada yang dijadikan tarian tradisional penduduk lokal, yang bernama “Choeng Tua Auk-son”. Tarian tersebut berisi gerakan-gerakan dalam seni bela diri Thailand. Secara historis, kaligrafi Thailand telah terbatas pada teks-teks spiritual.

Nah, itu dia deh jenis-jenis Dekorasi Kaligrafi yang ada dan sering jadi dekorasi ruangan!

Artikel lain: Panduan Lengkap Belajar Seni Kaligrafi Arab, Seni Dengan Pesona Spiritual
Panduan Lengkap Belajar Seni Kaligrafi Arab, Seni Dengan Pesona Spiritual
Pengertian Kaligrafi dan Jenis-jenisnya
Inilah 500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia
Sejarah & Perkembangan Kaligrafi Arab

 

 

Leave a Reply

Top
Show Buttons
Hide Buttons